14 August 2011

Lee Ji Ah/ 이지아

Lee Ji Ah lahir di Seoul, 2 Februari 1980. Pas kelas 6 SD, Ji Ah-onni pindah ke Amerika Serikat dan besat di negara tersebut. Ji Ah-onni merupakan anak pertama dari dua bersaudara, dia mempunyai seorang adik laki-laki. Pada usia 26 tahun, Ji Ah kembali ke Korea dan memulai karirnya yang secara tidak sengaja. Di tahun 2007, Ji Ah bermain dalam drama fantasi The Legend bersama Bae Young Jun setelah sebelumnya ikut audisi drama tersebut. Di sini dia berperan sebagai Su Ji Ni, gadis tomboy reinkarnasi dari putri Phoenix, Saeoh. Ji Ah berhasil menyingkirkan para pesaingannya yang tercatat para artis terkenal seperti Ha Ji Won dan Kim Tae Hee dalam memperebutkan peran ini.

Dari drama ini, Ji Ah pun berhasil menyabet berbagai penghargaan yg salah satunya adalah Baeksang Award. Kesuksesannya lalu diikuti dengan bermain dalam drama bertema musik klasik yaitu Beethoven Virus tahun 2008. Ji Ah  bermain sebagai violinis bernama Du Ru Mi yg mempunyai karakter tempramental yg menderita ketulian permanen dan akhirnya jatuh cinta dengan sang maestro Kang (Kim Myung Min). Tahun berikutnya, Ji Ah  bermain dalam drama Style dengan menjadi seorang editor bernama Lee Seo Jung yg awalnya ceroboh dan kerap menjadi siksaan atasannya. Pada tahun yg sama Ji Ah  pun memulai debutnya dalam sebuah film komedi romantis berjudul The Relation of Face, Mind and Love. Di film ini dia berperan sebagai pecinta binatang yg buruk rupa bernama Wang Seo Jung (tapi tetep aja menurut gw cantik) dengan Kang Ji Hwan sebagai lawan mainnya. Tahun 2010, Ji Ah untuk pertama kali akhirnya bermain dalam drama aksi spin-off dari IRIS yaitu ATHENA: Goddes of War dimana dia berperan sebagai agen rahasia bernama Han Jae Hee. Sayang, di drama ini nasibnya berakhir tragis.


Selain dunia akting, Ji Ah juga menjadi model beberapa majalah terkenal seperti majalah Korea Ceci, Anian, majalah Jepang dan yg baru-baru ini Ji Ah-onni berfoto untuk Marie Claire Korea. Di dunia CF, Ji Ah membintangi sejumlah iklan seperti Lotteria Hamburger, Lotte Candy, Levi's (brg Eugene sama Son Dambi), Dressed to Kill (with So Ji Sub), LG ISA Knox, dll. Gak ketinggalan Ji Ah-onni juga memulai debutnya di dunia tarik suara dengan meluncurkan digital single berjudul Love Virus, disusul dengan Cup Cake and Alien dan juga Vampire Romances. Ji Ah juga sempat tampil menjadi model video klip Vibe yg berjudul "Please, Come Back to Me" (di situ dia jadi violinis juga, tp bkn sbg Du Rumi). Di samping itu, Ji Ah juga aktif di kegiatan sosial seperti baru-baru ini dia pergi ke Kamboja untuk membantu anak-anak yg kurang mampu.

Lee Ji Ah terbilang sangat beruntung, gimana enggak pas pertama main langsung dipasangi sama Bae Young Jun, bahkan gara-gara drama ini mereka jadi digosipin pacaran. Terus di BV sama Kim Myung Min, terakhir di Style sama Ryu Shi Woon yg punya byk fans di Jepang. Ckckckck, mainnya sama aktor veteran semua niy. Tapi di samping itu, Ji Ah pernah hampir celaka saat dia syuting BV. Dia mengalami determia dan langsung di bawa ke rumah sakit . Ji Ah juga pernah mengalami kelumpuhan parsial pada waktu syutng drama Style.



Ji Ah kuliah di Pasadena Art Center College of Design di California. Selain fasih berbahasa Korea, dia juga jago bahasa Inggris dan juga Jepang. Dalam kehidupan sehari-harinya, Ji Ah-onni lebih suka baca buku di taman daripada dugem. Kadang dia suka jalan-jalan bareng adiknya buat makan. Ji Ah termasuk orang yang tertutup untuk urusan pribadi. Makanya sempet terjadi kontroversi tentang pribadinya yg amat misterius dimana biasanya para artis mempunyai foto2 masa lalu kyk foto kelulusan sbgnya, tp dia justru egk ada. Ji Ah bernaung di bawah manajemen KEYEAST (Bae Young Jun, Lee Na Young, Kim Soo Hyun, dll).


Profile
Name: 이지아/ 李智雅/ Lee Ji Ah (aka E Ji Ah) 
Profession: Actress, singer 
Birthdate: 1981-Feb-02 
Birthplace: Seoul, South Korea 
Nationality: Republic of Korea 
Height: 168cm 
Weight: 48kg 
Star sign: Aquarius 
Blood type: A 
Family: Younger brother
Activity period: 2007 - present 
Talent agency: KEYEAST (BOF Entertainment)
Official Website: http://www.ejiah.com

TV Shows
ATHENA: Goddess of War (SBS, 2010-2011) (as Han Jae Hee) 
Style (SBS, 2009) (as Lee Seo Jung) 
Beethoven Virus (MBC, 2008) (as Du Ru Mi) 
The Legend/ The Story of the First King's Four Gods (MBC, 2007) (as Su Ji Ni) 

Films
The Relation of Face, Mind and Love (2009) (as Wang Seo Jung)

TV Apperances
2010 - 9th Sunday, Sunday Night (MBC) (as guest)
2009 - 69th Kim Jung Eun's Chocolate (SBS) (as guest)

Albums
Vampire Romances (digital single) (2010)
Cup Cake and Alien - OST The Relation of Face, Mind and Love (digital single) (2009)
Love Virus (digital single) (2008)

Music Video
Vibe - Please, Come Back to Me

Advertisement (CF)
Levi's (2010)
Laha Cosmetics
Dressed to Kill (2008)
LG Health care - Isa/ Yi Ja Knox (2007)
Lotte Candy: Anytime (2007)
Lotteria Hamburger (2007)

Recognitions
2008 - 44th Baeksang Awards: Best New Actress (The Legend) 
2007 - MBC Drama Awards: Best New Actress Award (The Legend) 
2007 - MBC Drama Awards: Best Couple Award (with Bae Yong Joon in The Legend) 
2007 - MBC Drama Awards: Popularity Award (The Legend) 

Trivia
Education: Pasadena Art Center College of Design (Pasadena, California, United Sates) 
Languages: Korean, English and Japanese 
Lee grew up in California, United States 
Released a single called "Love Virus"

No comments :

Post a Comment